Minggu, 22 November 2015

LAMPU

PERBANDINGAN LAMPU LED, LAMPU BIASA DAN LED 1 MERK

Pengertian

Lampu LED atau kepanjangannya Light Emitting Diode adalah suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut.

Misalnya pada sebuah komputer, terdapat lampu LED power dan LED indikator untuk processor, atau dalam monitor terdapat juga lampu LED power dan power saving.

Lampu LED terbuat dari plastik dan dioda semikonduktor yang dapat menyala apabila dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 volt DC). Bermacam-macam warna dan bentuk dari lampu LED, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya.

Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.

Lampu Tl (Tubular Lamp) atau Lampu Neon Lampu listrik yang memanfaatkan gas NEON dan lapisan Fluorescent sebagai pemendar cahaya pada saat dialiri arus listrik.

Tabung lampu TL ini diisi oleh semacam gas yang pada saat elektrodanya mendapat tegangan tinggi gas ini akan terionisasi sehingga menyebabkan elektron-elektron pada gas tersebut bergerak dan memendarkan lapisan fluorescent pada lapisan tabung lampu TL.

PERBANDINGAN KONSUMSI LISTRIK LAMPU

Perbandingan umur lampu, kekuatan cahaya lampu dan konsumsi power (wikipedia)

Lampu Pijar
Halogen
CFL /Neon
LED (Generic)
LED (Philips)
LED (LEDNovation)
Power used (watts)
60
43
14
9.5
9.5
9.4
lumens (mean)
860
750
775
800
806
810
lumens/watt
14.3
17.4
55.4
84.2
84.8
86.2
Pemakaian dalam Jam
1,000
1,000
10,000
25,000
15,000
50,000
Umur pemakaian dalam tahun@ 6 jam/hari
0.5
0.5
4.6
>11.4
6.8
>22.8
Comparison based on 6 hours use per day (43,800 hours over 20 yrs)

Dari lampu LED 9 W sampai 4W. Hasilnya cukup menarik, konsumsi listrik lampu LED umumnya tidak banyak berbeda dengan angka label. Bandingkan dengan lampu Neon biasa vs Lampu LED akan terlihat berbeda. Lampu Neon mengkonsumsi listrik hampir 2 kali lebih banyak walau memberikan tingkat cahaya yang sama dari lampu LED. Untuk mengetahui berapa kekuatan cahaya lampu. Umumnya di setiap lampu diberikan label berapa cahaya yang dihasilkan oleh lampu dalam angka lumen.


Test lampu LED dan Tube CCFL

  •      Lampu LED Philips 9W pemakaian 10 bulan
  •      Lampu LED Osram 9W baru
  •      Lampu LED Osram 6W baru
  •      Lampu LED Osram 4W baru
  •      Lampu LED Unbrand 7W China pemakaian 10 bulan
  •      Lampu Philips CCFL 20W pemakaian 1 tahun+
  •      Lampu Panasonic CCFL 18W pemakaian 1 tahun+
  •      Lampu Shinyoku CCFL 20W 


Ratio label W adalah pemakaian power dari label dengan konsumsi litrik. Semakin besar persentase maka lampu semakin boros. Seperti lampu neon Tube Shinyoku tertulis 20W, tapi mengkonsumsi power sebenarnya 30W AC (150%)

  •      Hasil test diatas menunjukan konsumsi listrik lampu LED hampir mendekati label yang tertera dengan ratio 1.1 sampai 1.25. Misalnya lampu LED Osram tertulis label 9W hanya mengkonsumsi 10W listrik

  •      Kecuali lampu LED China dengan label 7W mengkonsumsi power diatas 50% dari label yang tertulis. Tetapi lampu LED China tanpa merek ini dirancang berbeda dengan auto voltage. Ketika voltase listrik turun dari 220 sampai ke 100V, lampu tetap menyala. Bentuknya lebih panjang dibanding lampu LED biasa.

  •     Lampu tabung Tube neon atau lampu TL sekarang menjadi lampu paling boros listrik dan konsumsi power diatas 40+% atau ratio 1.4 dari label yang tertulis. Bila lampu neon 20W di label, kemungkinan konsumsi listrik sebenarnya 28W atau lebih besar. Masing masing merek berbeda beda dalam konsumsi listrik.
Label Watt lampu LED adalah cahaya kekuatan lampu, bukan konsumsi power pada lampu sebenarnya. Efisien konversi energi dari AC ke DC melalui adaptor AC/DC ikut menentukan berapa besar konsumsi listrik sebenarnya. Masing masing lampu sudah di ukur berapa kekuatan cahaya - Lumen.

Angka LUX meter adalah kekuatan cahaya pada jatuhnya cahaya ke satu bidang.




Pengambilan cahaya pada jarak 80 cm dari sumber lampu. LUX tidak dijadikan ukuran untuk mengetahui kekuatan sebuah lampu. Hanya dijadikan angka patokan ketika cahaya jatuh untuk menerangi bidang tertentu (meter persegi) pada jarak tertentu dari sumber lampu.




Kesimpulan dari tes diatas, kualitas cahaya masing masing lampu berbeda beda. Bahkan dengan satu model dari satu merek, produk dijual bisa saja dari tahun ke tahun. Setiap produsen memiliki disain berbeda, entah menganti model lebih baik. Dan teknologi lampu LED dapat berubah.


Perbandingan antara lampu pijar, lampu neon dan lampu LED disajikan dalam grafik

Perbandingan lampu pijar – lampu neon -lampu LED

Cara membaca grafik di atas adalah sebagai berikut :

  •       Untuk menghasilkan pencahayaan 600 lumen: lampu pijar membutuhkan daya 60 watt, lampu neon membutuhkan 11 watt, lampu LED hanya membutuhkan 7 watt
  •       Tiap 1 watt daya listrik yang dikonsumsi: lampu pijar menghasilkan 10 lumen, lampu neon menghasilkan  51.8 lumen dan lampu LED menghasilkan 85,7 lumen.
Tabel ini akan menkomparasikan watt antara lampu pijar biasa, lampu neon, dan yang terbaru dan terhemat, sekaligus termahal, lampu LED.

Lumen
Lampu Pijar
Lampu Neon
Lampu LED
450
40 watt
9 watt
8 watt
800
60 watt
14 watt
13 watt
1100
75 watt
19 watt
17 watt
1600
100 watt
23 watt
20 watt
Efisiensi
-
75%
80%

KESIMPULAN

Dari berbagai test dan uji coba Lampu Pijar, Lampu Neon dan Lampu LED bahwa semakin berkembangnya teknologi terbarukan akan semakin efesien atau lebih hemat daya, akan tetapi semakin mahal juga harganya karena ilmu yang di terapkan pada teknologi tersebut bukan hanya karena bahan baku yang di gunakan tetapi penemuan atau ilmu yang di terapkan.

            Diketahui bahwa Lampu LED lah yang paling efesien dan memiliki cahaya yang terang dengan tingkat konsumsi yang lebih irit dari pada lampu lainnya dengan harga yang lebih mahal namun di janjikan lebih lama dalam pemakaian dan tidak cepat rusak pantas untuk di gunakan pada zaman sekarang ini.

Referensi



2 komentar: